ATM

Amati, Tiru, dan Modifikasi, merupakan salah satu cara belajar yang efektif. Dengan mengamati objek yang sudah ada, akan menimbulkan semangat untuk mencoba menggali bagaimana cara dan teknik suatu objek dibuat. Setelah mengamati dengan saksama, kemudian mencoba mencari referensi dengan browsing dan berselancar mengenai bagaimana cara membuat objek yang dimaksud.

Dari hasil berselancar dan tentu saja ditambah dengan pengetahuan dasar yang telah dimiliki, seseorang dapat meniru, atau mencontoh objek yang sudah ada untuk dibuat sama persis dengan objek yang ditiru. Jika upaya meniru sudah sama persis bisa dilakukan, berarti seseorang dapat membuktikan bahwa objek yang ditiru itu sudah bisa dia pahami.

Untuk selanjutnya adalah memodifikasi. Langkah memodifikasi ini, merupakan aktualisasi dari sekumpulan pemahaman dari proses mengamati, kemudian meniru. Dua langkah awal ini merupakan modal seseorrang untuk menciptakan objek baru sama sekali, atau membuat model sejenis dengan objek yang ditiru.

Secara akademis, langkah di atas diperbolehkan dan syah-syah saja dalam menggali ilmu. Namun, secara elegan, seseorang yang menggunakan cipta atau karya orang lain, baik hanya untuk referensi maupun mengambil sebagian atau seluruh karya orang tersebut, haruslah meminta ijin, atau setidaknya mencantumkan karya itu sebagai daftar rujukan atau sumber referensi karya kita.

Bagikan Ke Sosial Media

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *