Cara Menghilangkan Powered by WordPress di Footer Website Pada Themplate ColorMag

ColorMag merupakan salah satu template wordpress yang cukup keren. Tema ini sangat mendukung untuk website berita, artikel, atau blog. Tema ini juga terkenal sangat resposive karena dapat dibuka menggunakan browser apapun, misalnya Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, hingga Internet Edge sekalipun.
Bagi pengguna yang memilih template ColorMag ini bisa didapatkan versi free atau gratisnya. Akan tetapi terkadang pengguna merasa kurang puas jika template yang dia gunakan masih terdapat footer yang bertuliskan Powered by WordPress. Sementara jika mau menggunakan versi aslinya harus mengeluarkan kocek yang cukup mahal.
Nah, di sini akan saya beritahu bagaimana cara agar template yang cukup bagus ini memiliki footer dengan tulisan nama kita, bukan by WordPress. Biasanya untuk mengubah redaksi Powered ini ada beberapa cara. Misalnya menggunakan template, menggunakan PHP, atau menggunakan CSS.
Untuk cara pertama biasanya dengan langkah membuka browser dan login ke halaman admin WordPress, mengrahkan kursor ke Appearance dan klik Customize untuk membuka opsi teks footer, mengklik Site Identity. Nantinya tombol ini akan berada di posisi kedua dalam daftar. Pilih opsi yang diinginkan dari menu drop-down Footer Credit dan klik Save & Publish.
Cara pertama tersebut tidak berlaku untuk template ColorMag. Lalu cara kedua, hampir sama, yaitu masuk di Appearance, lalu pilih Theme Editor, masuk ke Theme Footer, terus mencari kata powered atau by atau apapun kata kuncinya. Hal ini pun tidak akan berlaku dan ditemukan di template ColorMag. Lalu abagaimana cara mencari hal disembunyikan oleh template ColorMag ini. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Buka browser dan login ke halaman admin WordPress: buka halaman ini dengan menambahkan /wp-admin di akhir domain Anda. Masukkan username dan password ke masing-masing kolom Username or Email dan Password dan klik tombol Log In.

2. Arahkan kursor ke Appearance dan klik Theme Editor untuk membuka opsi lainnya.

 

3. Di sebelah kanan select theme to edit, pilih ColorMag, lalu cari kata inc

4. Klik tanda panah ke bawah, cari sub menu hoaks

5. Klik panah ke bawah, klik footer.php

6. Cari baris atau kalimat yang memuat Powered by sesuai dengan kemauan kita,

Penulis mencoba mengubah seperti yang di box warna merah. Jika sudah lalu Klik tombol Update File di kiri bawah layar untuk menyimpan perubahan yang dilakukan.

Perlu diingat, bahwa setiap template yang digunakan memiliki karakter berbeda, sehingga pengaturan untuk satu template dengan template lainnya pastilah akan berbeda.

Demikianlah cara Menghilangkan Powered by WordPress di Footer Website Pada Themplate ColorMag
Selamat mencoba, semoga bermanfaat.
Bagikan Ke Sosial Media

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *